Pemerintah Kota Palembang

Walikota Palembang Ajak Tokoh Masyarakat Sosialisasikan Sungai Bersih

Walikota Palembang, Harnojoyo, bersama dengan masyarakat, membersihkan anak sungai

Walikota Palembang, Harnojoyo, bersama dengan masyarakat, membersihkan anak sungai (sumber foto : buletinmetropolis.com)

Palembang, MediaOnlineNews -- Walikota Palembang, Harnojoyo, mengajak Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama untuk bersama-sama melakukan sosialisasi tentang pentingnya Sungai Bersih. Menurut dia, selain bermanfaat bagi kehidupan, sungai yang bersih juga bisa dimanfaatkan untuk sarana transportasi dan pariwisata.

"Saat ini, Pemerintah Kota Palembang terus berupaya untuk mengubah cara pandang masyarakat mengenai sungai. Oleh karena itu, kami juga mengajak Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama untuk bersama-sama mempromosikan betapa pentingnya sungai menjadi bersih. Selain untuk hidup, bisa juga kita manfaatkan untuk transportasi dan pariwisata yang bisa mendatangkan penghasilan bagi masyarakat." ujar Harnojoyo, seperti dirilis antaranews.com.

Harnojoyo menjelaskan, saat ini sudah banyak anak sungai yang menghilang, penyebabnya tidak lain dikarenakan kebiasaan membuang sampah di Sungai. "Awalnya memang sedikit, tetapi kalau sudah lama, tentunya akan menjadi banyak dan sungai menjadi dangkal. Kalau sudah dangkal, banyak modus yang terjadi. Misalnya, mulai ada bangunan. Hasilnya, anak sungai tadi pun lenyap." jelasnya.

Sebagai contoh, masih kata Harnojoyo, sebelumnya Sungai Rambutan terhubung langsung dengan Sungai Lambidaro dan Sungai Sekanak, tetapi kini sudah tidak lagi. "Kami memiliki target untuk bisa membersihkan Sungai Sekanak ini. Jika nantinya sudah bersih dan menjadi jalur transportasi aktif, maka bisa dimanfaatkan sebagai daerah tujuan wisata, misalnya pasar terapung." tutur Harnojoyo.

Tindak lanjut dari tindakan Sungai Bersih, Pemerintah Kota Palembang sudah menyiapkan petugas yang akan mengakut sampah. Masyarakat hanya diminta untuk memasukkan sampah kedalam kantong kresek dan dikumpulkan di tempat sampah. "Meski sungai hanya beberapa meter dari rumah, jangan buang sampah di Sungai." ajak Harnojoyo. (ohs)

Hendri Zainuddin, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Provinsi Sumatera Selatan
author

Redaksi Situs Berita Online Teraktual, Terdepan, dan Terpercaya.

No Response

Leave a reply "Walikota Palembang Ajak Tokoh Masyarakat Sosialisasikan Sungai Bersih"