banner 728x90

Pendaftaran Calon Kepala Daerah di Partai Golkar Gratis, Biaya Survey Juga Ditanggung DPP Golkar

banner 728x90

harnojoyo-klaim-sudah-kantongi-nama-calon-wawako-palembangPalembang, Pendaftaran Calon Kepala Daerah di Partai Golkar Gratis, Biaya Survey Juga Ditanggung DPP Golkar Penegasan ini disampaikan Panitia Penjaringan DPD Golkar Palembang, Syafran Syarofi. “Penjaringan kepala daerah di Partai Golkar semua gratis. Bahkan biaya survei para calon yang mendaftar ditanggung DPP Golkar, ujarnya.

Sekretaris DPD Partai Gerindra Sumsel, Nopran Marjani menyebut pihaknya tak mengenakan pungutan apapun bagi calon yang akan maju. “Tidak tahu ke depannya, kalau memang itu dibutuhkan,” sebutnya.

Ketua DPW PPP Sumsel, Agus Sutikno mengaku pihaknya sama sekali tidak mematok nilai “mahar” kepada para kandidat. “Kami hanya meminta para kandidat ikut membantu biayai pelaksanaan rapat pimpinan (rapim) baik tingkat wilayah maupun pusat untuk penentuan kandidat yang diusung,” ujarnya. Jumlahnya tidak dipatok, hanya saja tentu calon bintang lima dengan bintang dua berbeda nilainya. “Kami mulai buka pendaftaran bakal calon pilkada mulai besok (hari ini, red) hingga Sabtu (17/6), baik pilgub maupun pilbup/pilwako se-Sumsel,” cetusnya.

Bendahara DPD PDI Perjuangan Sumsel, Yudha Rinaldi melarang kader menerima biaya pendaftaran dalam proses penjaringan. “Itu saja tidak boleh, apalagi menerima mahar,” ujarnya.
Kecuali, kata dia, PDI Perjuangan hanya memungut biaya survei bersama.

“Ini ‘kan untuk kepentingan bersama, bukan parpol,” sebutnya. Biayanya masih menunggu selesainya proses inventarisasi calon dari penjaringan seluruh daerah pelaksana pilkada.

“Nanti para calon kita panggil terkait survei bersama ini,” ujarnya. Sistem biaya subsidi silang atau gotong royong. Pendek kata, berapa biaya seluruh titik lokasi yang disurvei ditanggung bersama. “Kita belum tahu menggunakan lembaga survei mana, ada 9-10 lembaga bisa dipilih,” katanya.

Dengan sistem itu, biaya calon kepala daerah jadi lebih ringan.

Menurutnya, biaya survei pertitik Rp120 juta-Rp150 juta. “Survei setidaknya 2 kali. Kalau calon tidak puas dengan hasil survei bersama, bisa memilih lembaga survei yang sudah direkomendasi lainnya,” cetusnya.( sumeks)

Hendri Zainuddin, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Provinsi Sumatera Selatan
No Response

Leave a reply "Pendaftaran Calon Kepala Daerah di Partai Golkar Gratis, Biaya Survey Juga Ditanggung DPP Golkar"