Pemerintah Kota Palembang

Mularis Djahri Ingatkan Warga Pentingnya Kebersihan Sungai

Mularis Djahri dan Warga Bersihkan Sungai di 30 Ilir Palembang

Mularis Djahri dan Warga Bersihkan Sungai di 30 Ilir Palembang

Palembang- Ketua DPD Partai Hanura Sumsel H Mularis Djahri SH berkesempatan mengunjunggi warga di Lorong Langgar RT 13, 14, 14 A Kelurahan 30 Ilir Kecamatan IB 2. 

Dalam kunjunggan tersebut Calon Walikota Palembang ini dengan spontan berdialog bersama warga tentang arti penting menjaga kebersihan sungai untuk keberlangsungan kehidupan masa kini dan yang akan datang. 

"Sungai jalan air alami, alirannya menuju ke sungai lain. Air sungai menuju ke danau, ke bahari atau ke samudera. Sungai bermula dari mata air yang mengalir ke beberapa anak sungai. Kemudian, anak-anak sungai itu bergabung membentuk sungai utama. Ujung dari perjalanan sungai muara sungai. Begitu seterusnya sehingga sungai menjadi bagian dari siklus hidrologi yang baik," ungkapnya.

Penting bagi masyarakat Kota Palembang mengetahui siklus hidrologi tersebut agar terpacu melakukan hal positif jika berkaitan dengan air. Dan menjaganya agar tetap berjalan sebagaimana siklusnya.  

"Karena, sungai yang terjaga kebersihannya dan terhindar dari pencemaran, akan bisa memberikan pengaruh positif bagi kesehatan lingkungan hayati utamanya kesehatan warga disekitarnya," lanjutnya.

 

Begitupula sebaliknya, warga Palembang akan merasakan akibat negatif ketika sungai tak dijaga dengan baik atau sungai mengalami pencemaran. Karena itulah, sejak usia dini manusia senantiasa berupaya membiasakan diri peduli terhadap lingkungan sekitarnya termasuk sungai. 

"Membiasakan diri buat senantiasa menjaga kebersihan lingkungan termasuk sungai, tak bisa dilakukan hanya sendirian. Tapi langkah positif tersebut juga sebaiknya dimiliki oleh semua orang. Itu artinya, jika semua orang turut serta dengan aktif bertanggungjawab dalam menjaga kebersihan lingkungan termasuk didalamnya sungai. Karena itulah, pengaruh positif akan bisa dirasakan secara bersama-sama," sambungnya.

Penting untuk diketahui, sungai merupakan bagian tak terpisahkan dari lingkungan sosial masyarakat. Masyarakat yang tinggal di sekitar sungai memanfaatkan sungai dalam keseharian mereka mulai dari minum, masak, mencuci baju dan perabot rumah tangga, atau yang lebih bermanfaat buat sistem pengairan sawah.

"Wajar saja jika sangat diperlukan upaya bersama menjaga kebersihannya. Jika sungai bersih, maka ia bisa memberikan khasiatnya secara maksimal. Manusia sudah selayaknya melakukan upaya tersebut sejak dini. Tanpa menunggu pengaruh negatif dari sungai tercemar, baru kemudian melakukan penjagaan lingkungan dengan maksimal.

Kehidupan manusia tak terpisahkan dari lingkungannya. Kebutuhan keseharian manusia satu dengan lainnya memang beragam, tapi hal tersebut bisa terpenuhi jika kebersihan lingkungan terwujud dengan baik.

"Maka dari itu mari bersama kita jaga sungai di Palembang untuk kehidupan lebih baik hingga anak cucu bahkan akhir hayat," pungkas Mularis. (rilis)

Hendri Zainuddin, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Provinsi Sumatera Selatan
No Response

Leave a reply "Mularis Djahri Ingatkan Warga Pentingnya Kebersihan Sungai"