Pemerintah Kota Palembang

RSUD Besemah Lulus Akreditasi Bintang Empat

dr. Hj. Ida Fitriati, M.Kes. (ist/detiksumsel.com)

dr. Hj. Ida Fitriati, M.Kes. (ist/detiksumsel.com)

Pagaralam, MediaOnlineNews -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Besemah, Kota Pagaralam, telah dinyatakan lulus penilaian akreditasi bintang empat yang dilakukan oleh tim independen Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), berdasarkan Surat Keputusan tertanggal 06 Desember 2017 dengan status Tingkat Utama.

Direktur RSUD Besemah, dr Dian Netta, menjelaskan bahwa dirinya sangat bersyukur atas hasil yang sudah dicapai saat ini. Hasil tersebut merupakan kerja keras semua pihak dalam melakukan perbaikan, terutama meningkatkan pelayanan dengan semaksimal mungkin.

"Ya, RSUD bersama dengan puluhan rumah sakit di Sumsel, lulus akreditasi. Namun, hanya beberapa rumah sakit yang mendapatkan nilai tingkat utama. Alhamdulillah, RSUD Besemah adalah satu diantaranya." ujarnya, seperti dikutip dari tribunnews.

Setelah mendapatkan status tingkat utama ini, dia mengatakan bahwa, pihaknya akan terus mewujudkan target mampu mendapatkan bintang lima atau status paripurna.

"Kita harapkan, target untuk mendapatkan status Tingkat Paripurna, bisa diwujudkan. Kita akan terus melakukan pembenahan kelompok kerja pelayanan rumah sakit agar bisa terus optimal dalam melayani masyarakat." jelasnya.

Sementara itu, Ketua KARS Besemah Kota Pagaralam, dr Ferdinan SPKK, mengatakan bahwa ada 15 item atau kelompok kerja yang dinilai oleh komisi akreditasi tersebut. Hasilnya, 14 item lulus dengan persentase nilai diatas 80 dan satu item dengan nilai 71 persen.

"Item Sasaran Keselamatan Pasien (SKP) lulus dengan nilai 83 persen, Hak Pasien dan Keluarga 84 persen, Pendidikan Pasien dan Keluarga 84 persen, Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP) 84 persen, Millennium Development Goals (MDGs) 87 persen, Akses Pelayanan dan Kontinuitas Pelayanan (APK) 88 persen." jelas dr Ferdinan.

Ketika ditanya lebih lanjut tentang item yang mendapatkan nilai dibawah 80 persen, dia mengatakan bahwa Manajemen Fasilitas Kesehatan mendapatkan nilai 70 persen. "Ini akreditasi pertama yang kita raih dengan status rumah sakit kelas D. Kita akan lakukan perbaikan untuk naik kelas C." tuturnya.

Menanggapi hasil yang didapatkan oleh RSUD Besemah, Wali Kota Pagaralam menyatakan akan terus berupaya sebaik mungkin untuk memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik bagi masyarakat Kota Pagaralam.

"Pembenahan yang dilakukan di RSUD besemah, memang dilakukan bertahap. Dengan begitu, nantinya rumah sakit yang kita banggakan ini akan menjadi rumah sakit terbaik bagi masyarakat." kata dr. Hj. Ida Fitriati, M.Kes., Wali Kota Pagaralam. (ohs)

Hendri Zainuddin, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Provinsi Sumatera Selatan
No Response

Comments are closed.