banner 728x90

Iskandar M. Sahil Janjikan Pemerataan Pembangunan di Sumsel

banner 728x90
Calon Gubernur Sumatera Selatan, Iskandar M. Sahil

Calon Gubernur Sumatera Selatan, Iskandar M. Sahil

Palembang, MediaOnlineNews -- Mantan Pangdam II Sriwijaya yang juga Bakal Calon Gubernur Sumsel, Mayjen TNI (Purn) H. Iskandar M Sahil mengakui pembangunan di Sumsel akhir-akhir ini mengalami kemajuan cukup pesat, terutama pembangunan fisik di Kota Palembang.

Kepemimpinan Gubernur Sumsel, H. Alex Noerdin, selama dua periode, telah membuat Sumsel menjadi provinsi yang cukup diperhitungkan di tingkat nasional, bahkan di tingkat regional Asia, dengan dipercayanya Sumsel menjadi tuan rumah Sea Games dan Asian Games 2018 mendatang.

“Kita masyarakat Sumsel harus berterima kasih kepada Pak Alex Noerdin yang telah mampu mengangkat nama Sumsel hingga seperti saat ini. Beliau pemimpin yang visioner dan pekerja keras,’’ ujar Iskandar Sahil kepada sejumlah media di kediamannya, Senin ( 19/6).

Iskandar menegaskan, gubernur merupakan jabatan strategis yang dapat mewarnai dan menentukan arah pembangunan sebuah provinsi. Sehingga dibutuhkan sosok kepemimpinan efektif dan visioner yang mampu mengoptimalkan segala potensi SDA dan SDM yang ada di provinsi tersebut.

“Termasuk melakukan fungsi koordinatif kepada bupati dan walikota yang di era otonomi daerah saat ini mempunyai peranan dan kewenangan eksekutif lebih besar. Karena itulah, ke depan jika saya dipercaya memimpin Sumsel, fungsi koordinasi dengan 17 bupati dan walikota se Sumsel akan saya efektifkan lagi. Saya akan lebih banyak turun ke kabupaten dan kota untuk merumuskan pembangunan bersama bupati dan walikota bersama DPRD di daerah masing-masing,’’ papar mantan Kasdam Iskandar Muda ini.

Iskandar menegaskan, luasnya wilayah Sumsel dengan karakteristik tertentu menyebabkan seorang gubernur tidak gampang untuk mengimplemantasikan program-program pembangunan yang merata di 17 kabupaten kota ini. Apalagi di era otonomi daerah saat ini kewenangan seorang gubernur tidaklah sebesar di era sentralistik dahulu.

“Karena ini harus dihadirkan kepemimpinan yang efektif, komunikatif dan solutif bersama-sama antara gubernur dan wakil gubernur bersama bupati dan walikota se Sumsel,’’ tegas mantan Danrem 143/Haluoleo Kendari ini.

Menurut Iskandar, dari kondisi dan capaian pembangunan di Sumsel sampai saat ini, ke depannya pekerjaan rumah (PR) gubernur dan wakil gubernur ke depannya adalah menghadirkan pembangunan yang merata di 17 kabupaten dan kota se Sumsel. Geliat pembangunan jangan hanya terpusat di Kota Palembang dan ibu kota-ibukota kabupaten /kota semata.

‘’Pembangunan harus merata dan sampai ke pelosok-pelosok pedesaan,’’ tandas mantan Asisten Teritorial Kodam II Sriwijaya ini.

Pembangunan Infrastruktur jalan, kata Iskandar, terutama menuju pusat-pusat pertanian dan perkebuan sampai saat ini masih sangat butuh perhatian yang sangat serius dari gubernur/wakil gubernur. DImana di sejumlah kabupaten dan kota kondisinya masih sangat memprihatinkan. Padahal keberadaan jalan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat untuk mendorong ekonomi mereka.

"Jalan merupakan akses penting untuk masyarakat guna mendongkrak ekonomi di daerah tersebut. Itu harus dibenahi," terang mantan Kasdam I Iskandar Muda ini.

Pembangunan itu juga, lanjut Iskandar, tidak seharusnya diserahkan sepenuhnya kepada bupati. Dalam hal ini, gubernur juga harus mendorong bupati untuk menyelesaikannya. Bahkan seorang gubernur dan wakil gubernur harus proaktif turun ke kabupaten dan kota mengajak bupati dan walikota untuk bersama-sama membangun daerahnya. (rel)

Hendri Zainuddin, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Provinsi Sumatera Selatan
No Response

Leave a reply "Iskandar M. Sahil Janjikan Pemerataan Pembangunan di Sumsel"