banner 728x90

Jaringan Telkom Speedy Dikeluhkan Pelanggan

Jaringan Telkom Speedy Dikeluhkan Pelanggan

Petugas di Telkom Plaza A. Rivai, sedang melayani pelanggan, hari Senin tanggal 10 Oktober 2016. (foto : koransn.com)

PALEMBANG -- Sejumlah pelanggan Telkom Speedy di Palembang, hampir 10 hari belakangan ini mengeluhkan kondisi jaringan internet Telkom Speedy yang lelet. Akibat leletnya jaringan, sebagian aktivitas pelanggan yang mengandalkan komunikasi melalui jaringan sosial dunia maya, banyak terhenti.

Hal tersebut seperti yang diutarakan Hendri, salah satu pejanga warnet di kawasan Manunggal, Kecamatan Ilir Barat II Palembang, hampir 1 minggu warnet yang ditunggu sepi pengunjung akibat jaringan internet lambat. Terpaksa warnet yang ditunggunya setiap hari tutup sementara karena pengunjung sepi.

"Jelas kami merasa dirugikan dengan kondisi ini, karena biasanya pengunjung ramai. Tetapi sejak jaringan internet lelet, pengunjung berkurang. Bahkan, dalam 1 hari tidak ada yang main warnet," keluhnya, Senin (10/10/2016).

Menurutnya, ia sudah melaporkan kondisi tersebut ke kantor Telkom tempatnya memasang jaringan Telkom Speedy. Namun, jawaban yang didapat disuruh bersabar karena sedang ada perbaikan jaringan. Tetapi hingga sekarang belum juga ada perubahan, saat melakukan komunikasi dengan mengunakan jaringan internet.

Hal senada dikatakan Dian (30) salah satu pemilik bisnis jual beli online yang berada di kawasan Cut Nyak Dien. Sejak jaringan internet, lambat usaha yang dijalankannya mengalami penurunan secara otomatis. Hal tersebut berdampak pada omset transaksi yang didapatnya. Kerusakan jaringan Telkom Speedy, menghambat pengiriman data penawaran pembelian dan penjualan kepada konsumennya.

"Lebih parah lagi, telepon di kantor tidak dapat digunakan untuk menerima atau mengirim panggilan. Kondisi seperti ini membuat para pengawai saya terganggu dan terhambat dalam beraktivitas. Saya sudah melaporkannya beberapa kali ke pihak Telkom, baik melalui telepon ataupun datang langsung ke kantornya, namun cuma tanggapan disuruh bersabar karena sedang dalam perbaikan," ujarnya.

Menanggapi keluhan tersebut, Public Relation PT Telkom Sumsel, Zaim mengakui, tingginya ganguan jaringan Telkom di wilayah Sumsel. Hal tersebut disebabkan, banyaknya proyek-proyek pembangunan yang sedang dilaksanakan di Palembang, sehingga berdampak pada jaringan kabel milik Telkom. Seperti adanya galian pipa milik PDAM, galian kabel PLN, sampai pekerjaan galian pipa gas, karena akibat pekerjaan yang dilakukannya, banyak kabel milik Telom rusak dan putus, terutama kabel fiber optic yang belum lama ditanam.

"Kedepan, kami minta kepada pihak terkait untuk melakukan komunikasi terhadap pekerjaan-pekerjaan yang dilakukannya. Sehingga kita bisa menurunkan petugas di lokasi tempat galian tersebut, apakah mengganggu jaringan milik Telkom atau tidak. Jangan sampai pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan pihak lain, merugikan kita dan pelanggan,"ujarnya.

Dikatakannya, jaringan fiber optic yang dimiliki Telkom untuk program IndiHome, merupakan jaringan yang lebih stabil dibandingkan jaringan lama yang masih menggunakan kabel tembaga. Berbeda dengan jaringan menggunakan kabel tembaga, jaringan fiber optic yang menggunakan kabel fiber, tidak akan mengalami gangguan. Karena, fiber optic tidak terpengaruh dengan cuaca.

Sementara itu, salah satu bagian pelayanan gangguan pelanggan Telkom Speedy, Diki saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, saat ini sedang ada ganguan massal jaringan. Karena adanya pergantian perangkat baru dari jaringan menggunakan kabel tembaga ke jaringan fiber optic. "Memang sejak awal bulan ini sedang dalam perbaikan, tetapi kami tidak tahu sampai kapan perbaikan, yang tahu teknisi yang memperbaikinya, semoga hal ini segera dapat diatasi," ujarnya. (koransn.com)

Iskandar M. Sahil, Calon Gubernur Sumatera Selatan Periode 2018-2023
No Response

Leave a reply "Jaringan Telkom Speedy Dikeluhkan Pelanggan"