banner 728x90

Ini Arah Dukungan Parpol di Pilkada Palembang

banner 728x90

partai_pemiluPalembang- Sejauh ini, ada sejumlah nama yang gencar melakukan sosialisasi untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kota Palembang. Namun dari hitung-hitungan kursi di dewan, dan klaim dari para calon, serta sinyal yang diberikan parpol, diprediksi bila tidak lebih dari tiga pasang yang akan bertarung nantinya.

Prediksi tersebut, juga didasarkan pada syarat yang ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebesar 20 persen dari jumlah kursi di DPRD Palembang yang berjumlah 50 kursi. Dari hitungan ini, maka setiap calon harus bekerja ekstra keras untuk mendapatkan 10 kursi syarat pencalonan. Jika hingga hari pendafataran di KPU pada Februari 2018 mendatang belum mendapatkan kursi, maka dipastikan bakal calon kalah sebelum berperang.

Sejauh ini, baru pasangan Harnojoyo-Fitrianti yang mengklaim sudah mendapatkan dukungan partai politik, seperti PAN 3 kursi, Golkar 6 kursi, Gerindra 5 kursi dan Demokrat 7 kursi. Sementara, Sarimuda-Rozak yang baru saja mengggelar deklarasi, baru mendapatkan dukungan Partai Nasdem yang memiliki 5 kursi di dewan.

Sedangkan untuk nama Mularis Djahri, baru mendapatkan dukungan Hanura yang berjumlah 3 kursi. Ada juga nam,a Hernoe Roesprijadji baru mendapatkan dukungan dari PKB 5 kursi, dan pasangan Yudha Pratamo-Yudha Rinaldi (dua Yudha) serta Akbar Alfaro belum mendapatkan dukungan partai sama sekali.

Dari klaim para kandidat sejauh ini, yang masih diperebutkan oleh bakal calon adalah mendapatkan dukungan dari PDIP yang memiliki 9 kursi, PPP 2 kursi, PBB 2 kursi, dan PKS 3 kursi. Dari desas desus yang beredar, pasangan Sarimuda-Rozak bakal mendapat tambahan dari PKS dan dua parpol lain. Bisa diperkirakan, bakal calon yang telah mendapat tiket adalah pasangan Harno-Finda, dan Sarimuda-Rozak. Sedangkan, dua Yudha, Mularis, Hernoe, dan Akbar masih harus bersaing ketat untuk bisa   ikut bertarung memperbutkan kursi Palembang 1 lima tahun kedepan. Berkemungkinan besar, dari nama-nama tersebut akan memunculkan satu nama saja.

Sekretaris DPC Demokrat Palembang, Anton Nurdin mengatakan bahwa sejauh ini komunikasi politik dengan seluruh partai yang belum mengeluarkan surat keputusan (SK) siapa yang akan diusung. ”Kita targetkan Pak Harnojoyo-Fitri akan didukung koalisi gemuk, karena banyak partai yang akan bergabung,”katanya.

Menurut dia, sejauh ini hanya PAN yang telah mengeluarkan rekomendasi namun partai lain belum.  Karena itu, pihaknya terus melakukan lobi politik. ”Arahnya ke koalisi besar.  Nanti biarlah partai yang akan mengeluarkan pernyataan sikap,”kata Anton.

Ia mengklaim sejuah ini partai politik yang akan mendukung Harnojoyo adalah PAN, Demokrat, Gerindra, Golkar, dan sejumlah partai lainnya. ”Kami optimis dapat 39 kursi jadi tinggal 11 kursi lagi, SK Demokrat segera keluar dalam waktu dekat,”jelasnya.

Bendahara DPD PDIP Sumsel, Yudha Rinaldi mengatakan bahwa proses penjaringan terus dilakukan. Pada awal November nanti, DPP akan kembali melakukan survei tahap kedua. Berdasarkan hasil survei lah Kandidat yang berpeluang akan diusung oleh PDIP. “Ya, hasil survei adalah salah satu pertimbangan yang paling utama  bagi PDIP dalam memutuskan siapa yang akan diusung,”katanya.

Dilanjutkan Yudha, lihat saja nanti siapa yang akan. Diusung tentu dirinya sebagai kader akan patuh padah keputusan DPP. “Kan banyak kader PDIP yang bakal maju. Kita lihat saja nanti siapa akan diusung, yang pasti saat ini saya terus melakukan sosialisasi ditengah masyarakat untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas di tengah masyarakat,”kata Yudha

Sementara itu, Ketua DPC PKB palembang, Sutami mengatakan bahwa Minggu depan sudah ada nama yang akan diputuskan dalam mengusung pasangan calon walikota-wakil Walikota Palembang. ”Minggu depan atau akhir bulan sudah ada nama yang akan dikeluarkan,”kata Sutami.

Dikatakan Sutami, bahwa dalam mengusung calon Kepala daerah. PKB mempertimbangkan hasil survei. Jika hasil surveinya tinggi dan itu sesuai dengan hasil survei lembaga survei DPP maka Kandidat tersebut berpeluang dapat diusung oleh PKB. “Yang kedua bahwa Kandiat ada komitmen dengan PKB. Dengan komitmen itu maka calon dapat bersama dengan PKB dalam membangun Palembang,”ujarnya.

Apakah suara PKB yang memiliki 5 kursi di DPRD palembang akan mendukung incumbant? Sutami tidak memberi kan komentar. Karena saat ini proses sedang berlangsung di DPP.

Ketua DPC PBB Palembang, Chandra Darmawan mengatakan, pihaknya akan  mengumumkan siapa yang akan diusung menjadi calon walikota PBB akan diputuskan akhir pekan ini. Dengan adanya keputusan tersebut itu secara resmi dikeluarkan oleh PBB melalui SK yang diterbitkan oleh pusat. “Kita tunggu saja siapa yang akan kami usung,”katanya.

Dua nama yang masuk dua besar setalah dilakukan penjaringn dan survei internal yaitu Sarimuda dan Harnojoyo. Dua tokoh ini sangat mendominasi dari survei dan jenjang karir pendidikan maupun politik.

Wakil Ketua Umum DPP Gerindra, Edhy Prabowo memberikan sinyal akan mendukung incumbant karena program yang dilakukan oleh incumbant selama ini diterima oleh masyarakat. ”Suara kami sesuai dengan masyarakat, artinya masyarakat sangat menilai positif kepada incambunet,”katanya.

Terpisah, Ketua DPD PKS Palembang, Ridwan Saiman, pihaknya masih menungu proses di pusat, karena syarat administrasi sedan dilakukan.”kami masih menunggu syarat administrasi dari Sarimuda. Sekarang ini sedang dilakukan konsolidasi di tingkat pusat, kemana keputusan politiknya,”urainya.

 Menurut Ridwan, pihaknya meminta kepada pasangan ini untuk menunjukkan jumlah dukungan kursi yang mencukupi. Sehingga keputusan nanti tidak membuat PKS tidak merubah keputusan yang telah ditetapkan. “Sampai saat ini belum ada keputusan. Karena saya belum memmegang surat keputusan (SK) dari pusat. Kalau sudah ada SK jelas ke siapa kita mendukung, sekarang ini semua ada partai tapi syarat kursi yang ditetapkan memenuhi tidak,”jelas nya.

Dikatakan Ridwan. Pihaknya berharap DPP segar mengeluarkan SK, sehingga PKS mempersiapkan langkah dalam menghadapi Pilkada yang akan berlangsung tahun depan.

“Semakin cepat semakin bagus. Karena Pilkada ini membutuhkan waktu untuk melakukan konsolidasi. Apa saja yang mesti dilakukan oleh PKS bersama dengan calon dan partai lain untuk memenangkan Pilkada ini,”kata dia.

Jumlah kursi PKS di Palembang 3 kursi. Jumlah sangat menentukan apakah calon yang diusung nanti memenuhi syarat atau tidak.  sehingga para kandidat akan berjuang untuk mendapatkan dukungan dari PKS. Namun PKS akan menentukan siapa yang dipilih antara Sarimuda dan Harnojoyo. (rdr)

Hendri Zainuddin, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Provinsi Sumatera Selatan
No Response

Leave a reply "Ini Arah Dukungan Parpol di Pilkada Palembang"