banner 728x90

Herman Deru: Sumsel Maju Salah Satunya Dicirikan Dengan Lingkungan Yang Terjaga, Asri dan Nyaman

banner 728x90
Herman Deru

Herman Deru

Palembang – Undang-undang Pengelolaan Lingkungan Hidup (UUPLH) No. 23 Tahun 1997 telah menentukan hak, kewajiban dan peran masyarakat yang sama dan harus berpartisipasi aktif secara bersama-sama dalam pengelolaan lingkungan agar pembangunan bisa berjalan lancar, tidak ada gangguan dan hambatan yang ditimbulkan oleh salah urus lingkungan hidup karena eksosistem lingkungan hidup yang terganggu. Lingkungan hidup juga punya andil besar dalam memberikan rasa aman, nyaman dan kondusif bagi masyarakat sehingga mampu mendayagunakan potensinya secara kreatif dan optimal dalam berkarya dan bekerja untuk memajukan tata kehidupan bermasyarakat.

Menanggapi persoalan pentingnya menjaga lingkungan dan melestarikannya, calon gubernur terpopuler Herman Deru menegaskan dirinya punya perhatian tinggi pada isu tersebut. Baginya pertisipasi rakyat, dunia usaha dan aparat adalah penting dalam menjaga lingkungan bersih, terjaga dan asri. “Saya berharap rakyat Sumsel mempunyai kesadaran yang sama bahwa menjaga bumi tempat kita berpijak, menjaga lingkungan hidup kita, menjaga hutan, sungai, gunung dan laut adalah niscaya dan itu merupakan persembahan kita pada generasi mendatang,” ujarnya.

Herman Deru menambahkan, sebagai calon gubernur ia sudah merumuskan Visi Sumsel Maju. Kemajuan yang dimaksud salah satunya adalah di bidang lingkungan yang dicirikan dengan terwujudnya lingkungan yang terjaga, asri dan nyaman. Menurutnya hal itu mudah diungkapkan tapi sulit dilaksanakan. Karenanya menjadi penting wujud partisipasi dan kerjasama semua pihak untuk merealisasikannya. Deru meyakinkan pentingnya mengikuti dan menjalankan prosesur dalam pembangunan seperti amdal, uji kelayakan dan persetujuan masyarakat. “Pembangunan yang tujuannya bagus untuk memajukan jangan justru jadi sebaliknya malah memundurkan, itu karena lingkungan yang rusak sehingga generasi mendatang tak bisa memanfaatkan,” ujarnya.

Perhatian Deru pada persoalan menjaga lingkungan ini sudah diakui banyak pihak, saat menjabat Bupati OKU Timur selama dua periode, ia berhasil mendapat penghargaan dari Presiden dengan penghargaan Adipura dan Adiwiyata, yang diberikan langsung kepada Herman Deru pada hati Kamis 7 Juli 2012 di Istana Negara. Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Penghargaan Adipura dan Adiwiyata merupakan penghargaan tertinggi di bidang lingkungan hidup di Indonesia. Pemberian penghargaan tersebut dilakukan setiap tahun sebagai salah satu rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup. Meskipun sama-sama diberikan sebagai apresiasi terhadap kepedulian pada lingkungan hidup, antara adipura, dan adiwiyata memiliki perbedaan.

Adipura merupakan penghargaan untuk kota di Indonesia yang berhasil yang berhasil dalam kebersihan dan pengelolaan lingkungan. Sementara Adiwiyata adalah penghargaan yang diberikan kepada sekolah-sekolah yang dinilai berhasil mendidik siswa menjadi individu yang cinta dan bertanggung jawab terhadap lingkungan hidup. Adiwiyata sendiri berasal dari kata “adi” yang berarti besar, agung, baik, ideal dan sempurna. Sementara kata “wiyata” yang berarti tempat seseorang mendapat ilmu pengetahuan, norma dan etika dalam berkehidupan sosial. Kedua penghargaan yang diperoleh Kabupaten OKU Timur bersamaan, jelas sudah merupakan bukti nyata kepemimpinan yang pro kelestarian lingkungan, penuh kerja keras dan kerja sama yang dilakukan masyarakat bersama pemerintah daerah.

Bupati Oku Timur dua periode ini mengatakan, pengalaman itulah yang menjadikan dirinya optimis rakyat Sumsel bisa berperan aktif bersama dirinya jika terpilih kelak, untuk bersatu membangun Sumsel, bekerjamasa memajukan Sumsel. Deru optimis ia akan mampu bekerjasama dengan semua pihak dalam menata, menjaga dan merawat lingkungan. Deru menambahkan pentingnya hak masyarakat atas informasi berkaitan dengan pengelolaan lingkungan, sehingga bisa mendapatkan kesempatan yang sama dan seluas-luasanya untuk berperan dalam menjaga lingkungan hidup. “Jangan sampai pembangunan infrastruktur yang gencar tetapi tidak dilengkapi dengan informasi detail terkait dampak pada lingkungan. Masyakarat bisa menuntut jika merasa dibohongi. Di atas segakanya, atas amanah konstitusi, masyarakat berhak dan berkewajiban memelihara pembinaan lingkungan, mencegah dan menanggulangi pencemaran yang dilakukan baik oleh pemerintah maupun oleh pihak swasta,” pungkasnya. (trs)

Hendri Zainuddin, Anggota Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) dari Provinsi Sumatera Selatan
No Response

Leave a reply "Herman Deru: Sumsel Maju Salah Satunya Dicirikan Dengan Lingkungan Yang Terjaga, Asri dan Nyaman"