Partai Hati Nurani Rakyat

1660 Jama’ah Umroh Asal Palembang Gagal Berangkat, Kemenag : “Jangan Percaya Biaya Umroh Murah”

Alfajri Zabidi

Alfajri Zabidi, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan (ist/sumateradeadline.co.id)

Palembang, MediaOnlineNews -- Sebanyak 1660 jama'ah umroh dari Kota Palembang yang mendaftar di Abu Tours, gagal berangkat. Pasalnya, terjadi perubahan aturan yang dilakukan oleh Pemerintah Arab Saudi terkait pelaksanaan Haji dan Umroh, sehingga menyebabkan terjadinya peningkatan biaya Haji dan Umroh.

"Awalnya, memang dari penerapan pajak 5 persen ini. Mengenai kondisi saat ini, yang benar adalah penundaan keberangkatan. Dari awalnya bulan Januari, menjadi bulan Februari. Nanti kita rilis semuanya." kata Andi Akbar Asban, Perwakilan Abu Tours dari Kantor Pusat Makassar, seperti dikutip dari koransn.com.

Ia menjelaskan, dalam rilis itu akan ada keterangan mengenai jadwal keberangkatan, informasi tentang penambahan biaya, termasuk informasi pengembalian dana bagi jamaah yang ingin membatalkan keberangkatan.

"Pastinya akan ada penambahan dana keberangkatan. Tapi, jumlahnya belum kita tahu. Nanti, tanggal 8 kita tuangkan di dalam memo, termasuk juga bagi jemaah yang ingin meminta pengembalian dana yang sudah disetorkan." ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sumatera Selatan, H. M. Alfajri Zabidi, meminta masyarakat untuk tidak percaya dengan biro travel yang menawarkan biaya umroh murah, karena saat ini banyak penipuan berkedok travel umroh dengan harga dibawah standar.

"Ini bisa kita jadikan pelajaran. Biaya murah itu, belum pasti berangkat. Ke depan, kita akan sempurnakan standar biaya perjalanan Ibadah Umroh, minimal Rp. 20 juta." jelasnya.

Dia menambahkan, saat ini hanya ada 9 biro perjalanan yang berpusat di Palembang dan 16 biro perjalanan cabang dari provinsi lain, yang terdapat di Kemenag. "Banyak juga yang belum daftar di kemenag. Kita himbau, biro perjalanan haji dan umroh untuk mendaftar di Kemenag." ajaknya. (ohs)

Penerimaan Bakal Caleg Partai Hanura
No Response

Comments are closed.